24/05/13

VISI DAN MISI


VISI
Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan dan apa yang harus di lakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Visi tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran system yang ditujuannya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. 
Beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan visi: 
1. Berorientasi ke depan.
2. Tidak dibuat pada kondisi saat ini.
3. Mengekspresikan kreatifitas.
4. Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masayarakat
5. Memperhatikan sejarah, kultur, clan nilai organisasi meskipun ada perubahan terduga.
6. Mempunyai standar yang tinggi, ideal serta harapan bagi anggota lembaga.
7. Memberikan klarifikasi bagi manfaat lenbaga serta tujuan-tujuan.
8. Memberikan semangat clan mendorong timbulnya dedikasi pada lembaga.
9. Menggambarakan keunikan lembaga dalam kompetisi serta citranya.
10. Ersifat ambisius serta menantang segenap anggota lembaga (Lewis &Smith 1994).


Perumusan visi perusahaan, harus merupakan zhared vision dari seluruh komponen organisasi. Berikut tujuan penetapan visi perusahaan:
Berikut merupakan kriteria visi perusahaan:
Misi menyangkut suatu tujuan yang ingin dicapai sehingga suatu misi sangat berkaitan erat dengan beberapa hal khusus antara lain sebagai berikut :


1. Mencerminkan sesuatu yang akan dicapai perusahaan.
2. Memiliki orientasi pada masa depan perusahaan.
3. Menimbulkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan lingkungan perusahaan.
4. Menentukan arah dan fokus strategi perusahaan yang jelas.
5. Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan.

1. Dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan.
2. Dapat dikomunikasikan dan dapat dimengerti oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan.
3. Berwawasan jangka panjang dan tidak mengabaikan perkembangan zaman.
4. Memiliki nilai yang memang diinginkan oleh anggota organisasi perusahaan.
5. Terfokus permasalahan instansi perusahaan agar dapat beroperasi.
6. Memungkinkan pencapaian tujuan perusahaan.


MISI
Misi suatu perusahaan merujuk pada satu pertanyaan mendasar yang pernah diajukan oleh Peter Drucker.Apa bisnis kita? Jawaban dari pertanyaan ini merupakan gambaran besar tentang apa saja yang akan dilakukan oleh perusahaan dalam upaya mencapai tujuannya. Keberadaan misi perusahaan sangat penting untuk perumusan tujuan perusahaan dan formulasi strategi yang efektif. Ada banyak definisi misi, diantaranya :
1.Peter Drucker
Pada dasarnya, misi merupakan alasan mendasari eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya.
2. Wibisono
Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.
3. Dr. A. B. Susanto
Misi adalah bagaimana untuk menghadirkan impian perusahaan atau organisasi menjadi kenyataan.
Berdasarkan beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan dalam usahanya mewujudkan visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian visi. Adapun manfaat misi antara lain :
1. Memastikan tujuan dasar organisasi.
2. Memberikan basis atau standar untuk mengalokasikan SD di organisasi.
3. Menciptakan kondisi atau iklim organisasi yang umum.
4. Menjadi titik utama bagi individu dalam mengidentifikasi tujuan dan arah organisasi.
5. Memfasilitasi penerjemahan tujuan menjadi struktur kerja yang melibatkan penungasan hingga elemen tanggung jawab dalam organisasi.
6. Memberikan tujuan dasar organisasi dan kemungkinan utk menerterjemahkan tujuan dasar ini menjadi tujuan dalam bentuk sedemikian rupa hingga parameter waktu, biaya, dan kinerja dapat dievaluasi dan dikontrol.

Misi menyangkut suatu tujuan yang ingin dicapai sehingga suatu misi sangat berkaitan erat dengan beberapa hal khusus antara lain sebagai berikut :
1.            Sasaran (goals)
2.            Tujuan (objective)
3.         Tugas (Task), kewajiban (duty) atau kandungan maksud (purpose)
4.            Standar pelaksanaan (operational standart)
5.            Prosedur pelaksanaan ( operational procedur )
6.            Fasilitas-fasilitas (fasilities)
7.         Para pelaksana (operator) summber daya manusia ( human result)
8.            Waktu (timing)

Berikut arti misi perusahaan:
1. Misi perusahaan adalah tugas-tugas atau maksud-maksud yang bersifat unik (unique purpose) yang secara utuh menggambarkan pernyataan-pernyataan yang berkerangka luas, termasuk falsafah perusahaan dan ruang lingkup usahanya yang memproyeksikan citra dan konsep perusahaan bagi kepuasan pihak – pihak yang dituju.
2. Misi perusahaan adalah tindakan untuk merealisasikan visi perusahaan karena visi perusahaan harus mengakomodasikan semua kepentingan kelompok terkait, maka misi dapat diartikan sebagai tindakan untuk memenuhi semua kelompok kepentingan.
3. Peter Decker , msi dari setiap perusahaan harus difokuskan untuk mencuri dan membawa para pelanggan.

Unsur-unsur pokok sebuah misi adalah sebagai berikut:
1.   Kiat dan usaha untuk mewujudkan misi.
2. Nilai-nilai dasar organisasi yag dinyatakan dalma misi organisasi.
3.  Segmen pasar dan pelanggan.
4. Pernyataan tentang produk atau jasa yang dimasuki (dijualnya).
5. Keyakinan yang kuat, asumsi-asumsi, dan budaya kerja dengan orientasi mutu.
6. Pernyataan strategis jangka panjang dan jangka pendek.

Dalam misi terkandung hal-hal sebagai berikut:
1. Tujuan dan alasan keberadaan suatu organisasi.
2.  Tindakan dan langkah-langkah yang harus dilakukan.
3. Alasan bisnis anda harus berkembang.
4. Cara mewujudkan tujuan anda.
Dalam mewujudkan visi yang telah ditetapkan perusahaan, maka setiap organisasi atau perusahaan sebaiknya mempunya misi yang jelas arahnya. Pernyataan misi perusahaan, akan membawa organisasi atau perusahaan berhasil tercapai kepada tujuan dan sasaran yang diinginkan. Dalam konteks organisasi perusahaan, pernyataan misis yang telah tersusun dengan baik., akan menetapkan tujuan yang unik dan dapat membuat suatu usaha yang berbeda denga usaha-usaha lainnya. Maka dari itu misi perusahaan harus dilaksanakan agar tujuan organisasi perusahaan dapat terwujud dan berhasil dengan baik.

Berikut cara melakukan perumusan misi perusahaan:
1. Melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan, pegawai perusahaan, masyarakat, mitra kerja, akademisi, birokrasi.
2.  Menyelaraskan kegiatan proses utama dengan sumber daya yang ada, untuk memungkinkan peursahaan melaksanakan kegiatannya dengan lebih baik dan dengan biaya seefesien mungkin.
3. Menilai lingkungan yang sangat berguna untuk menentukan, bahwa misi organisasi perusahaan tidak bertentangan secara internal dan eksternal.

Berikut  beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan nilai perusahaan: 
1. Produk atau pelayanan jasa apa yang dihasilkan dan apap yang ditawarkan kepada konsumen?.
2.  Kualitas apa yang diinginkan pada masa mendatang yang berhubungan dengan manfaat atau keuntungan masyarakat terhadap suatu produk atau pelayanan jasa?.
3. Apakah produk atau pelayanan jasa tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat?.
4.  Sasaran publik mana yang akan dilayani?

Mengkomunikasikan Misi Perusahaan:
Agar misi perusahaan dapat dikomunikasikan secara efektif , maka wirausahawan harus :
1. Menguraikan misi perusahaan dan diperbanyak serta dibagikan kepada karyawan perusahaan.
2. Menciptakan moto misi dan menempelkan dimana-dimana : misal kuality is jobone, maksudnya kualitas tugas nomor satu. Contoh lainnya pengutamakan pelayanan prima dengan lebih cepat lebih baik, lanjutkan pro rakyat, dan sebagainya.


Semoga Bermanfaat :)
Se
SS



1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819
    PIN : D10398A5

    BalasHapus